Senin, 02 April 2012

contoh kutipan langsung dan tidak langsung, serta catatan kaki


*Contoh kutipan tidak langsung (yang kurang dari 4 baris)
       Banyak sekali pendapat yang mengemukakan definisi prosa, yang termuat dalam berbagai macam bentuk rangkaian kata, salah satu diantaranya ”prosa adalah  karya sastra  yang berupa cerita bebas. Bentuk pprosa pada umumnya merupakan perpaduan  dari monolog dan dialog. Namun, ada pula prosa yang hanya monolog dan terdiri atas dialog-dialog”  (Juanda,Iintisari sastra Indonesia, 2007:95).

       Dalam suatu perkara tertentu, seumpama adanya pelimpahan  hak milik, maka kedua bela pihak harus membuat surat kuasa, agar tidak ada masalah di kemudian hari ”surat kuasa adalah surat yang menyatakan pengalihan kekuasaan dari seseorang kepada orang lain untuk bertindak atau berhak bertindak atas nama si pemberi kuasa” (Sukamto dkk., Modul Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA 11a, 2011:30).

       Terkadang seorang atasan tidak sempat memberikan perintah atau tugas kepada bawahan, maka kebanyakan mereka meninggalkan suatu pesan atau perintah melalui memo “memo adalah surat singkat yang biasanya dibuat oleh atasan  untuk bawahan dalam sebuah organisasi. Umumnya memo selalu tersedia dalam bentuk blanko” (Sukamto dkk., Modul Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA 11a, 2011:31).



Contoh kutipan yang lebih dari 4 baris di awal paragrap
       Seringkali kita membaca perjalanan hidup seorang tokoh, baik pahlawan, tokoh masyarakat yang di anggap patut di teladani, cerita perjalanan hidup seseorang itu di sebut dengan biografi
     “Biografi adalah cerita tntang perjalanan hidup seseorang mulai dari kecil hingga    dewasa atau bahkan sampai meninggal dunia. Biografi di tulis oleh orang lain.   Dalam biografi hal-hal yang ditulis terutama yang berkenaan dengan sisi penting  tentang orang itu dan berbagai sikap yang dapat diteladani pembaca”  (Juanda, intisasri sastra Indonesia, 2007:98).




       Dalam suatu pementasan perlengkapan panggung sangatlah penting terutama lampu, peletak lampu yang sesuai sangat di perlukan, agar suatu pertunjukan itu dapat berjalan sesuai, maka dari itu tata lampu tidak pernah lepas dalam panggung pertunjukan
     “Tata lampu  adalah pengaturan cahaya  di panggung. Oleh karena itu, tata lampu erat     hubungannya dengan tata panggung. Misalnya, kalau panggung  menggambarkan ruang rumah orang miskin  di daerah terpencil, berdinding anyaman bamu dan di situ tertempel lampu minyak, lampu minyak itu tidak termasuk tata lampu” (Somad dkk., Aktif dan Kreatif  Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA program IPA dan IPS, 2008:79).



*contoh kutipan yang lebih dari 4 baris di tengah paragrap

 

      Panggung merupakan salah satu komponen pokok yang harudi penuhi apa bila kita ingin mengadakan pertunjukan, dan panggung biasa nya tek lepas dari tata panggung, agar panggung terlihat lebih hidup dan sesuai.
 “Tata panggung adalah keadaan panggung yang di butuhkan untuk permainan      drama. Misalnya panggung harus menggambarkan keadaan ruang tamu. Supaya    panggung seperti ruang tamu, tentu panggung diisi dengan peralatan seperti meja,kursi, hingga dinding, dan lain-lain.semua peralatan itu diatur sedemikian rupa agar menyerupai ruang tamu.petugas yang mengatur di sebut penata panggung”.1)













____________________
1)Somad dkk., Aktif dan Kreatif  Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA programIPA dan IPS, (Sumsel: Pustaka perbukuan departemen pendidikan nasional, 2008:21).

*Contoh kutipan langsung

     Kutipan merupakan pengambilan bagian dari  pernyataan , atau pikiran , definisi, ataupun rumusan dari tulisan orang lain  atau tulisan penulis sendiri yang telah terdokumentasi yang bertujuan untuk memberikan ilustrasi atau memperkokoh argument dalam tulisan. Kutipan, sering sekali kita temui di berbagai buku yang memuat beberapa macam kutipan, kutipan ini juga terdiri atas kutipan langsung, ataupun kutipan tidak langsung  (Surip, Bahasa Indonesia, 2008:48).



v Kutipan tidak langsung yang kurang dari 4 baris;
        Banyak sekali yang kita temui yang merupakan bagian dari sastra. Salah satu di antara nya adalah prosa “prosa adalah karya sastra yang berupa cerita bebas.bentuk prosa pada umumnya berbentu dialog dan monolog” (Rosdiyanto, Intisari  Sastra Indonesia, 2007:95).

         Dalam komunikasih sehari-hari kita menggunakan suatu media yang di sebut bahasa sebagai alat berkomunikasi “bahasa adalah sebuah sistem, bahasa itu di bentuk oleh sejumlah komponen yang berpola secara tetap dan di kaidahkan” (Surip dkk., Bahasa Indonesia, 2008:80).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar